Apa Itu Hidup Dipimpin Roh?

Apa Itu Hidup Dipimpin Roh?

Tidak jarang kita mendengar orang berkomentar mengenai orang Kristen yang “ngeroh”. Biasanya orang yang dianggap ngeroh itu adalah yang sering berkata, “Roh Kudus berbicara kepada saya…”, atau “Saya merasakan kehadiran Roh Kudus…” plus berbahasa roh setiap kali berdoa. Beberapa orang kagum akan kerohanian mereka, sehingga bertanya bagaimana caranya supaya bisa dipimpin Roh seperti itu; sementara kenyataannya banyak juga yang antipati terhadap mereka, mencibir dan berkomentar, “Jangan terlalu ngeroh lah…”

Tidak jarang pula mereka yang ngeroh seperti itu juga menganggap dirinya lebih kudus daripada orang-orang yang tidak sama dengan mereka. Mereka berpikir, kalau hidup dipimpin Roh ya harus begini. Kalau tidak, berarti dipimpin daging. Hidup juga tidak bisa setengah roh setengah daging; kalau setengah-setengah ya sama dengan dipimpin daging. Dipimpin daging berarti akan masuk neraka.

Namun pandangan seperti itu sungguh amat naif. Banyak dari mereka yang mendemonstrasikan ngeroh di hadapan orang bahkan tidak memahami apa sesungguhnya yang dimaksud Alkitab dengan “roh”. Pikirnya semua yang berhubungan dengan roh pasti Roh Kudus, bahasa roh, alam roh. Akibatnya dalam kehidupan sehari-hari banyak hal yang diinginkan Tuhan untuk mereka lakukan, malah jadi terabaikan.

Mencermati kesalahkaprahan yang sudah mendarah daging ini, TRUTH mengajak kita kembali meneliti, apa sebetulnya yang dimaksud oleh Alkitab dengan hidup dipimpin roh. Roh apa yang memimpin, roh kita atau Roh Kudus? Mengapa kita harus dipimpin roh? Apa fungsi roh? Seperti apakah dipimpin roh, atau “ngeroh yang benar” itu? Manakah yang benar: dikotomi dan trikotomi?

Sajian lain dalam edisi ini adalah biografi singkat Yakobus yang Adil, yang kabarnya adalah adik Tuhan kita Yesus Kristus. Juga kami angkat berbagai gangguan jiwa dan hubungannya dengan fenomena keagamaan, agar kita lebih waspada apakah kita ngeroh karena dipimpin roh, atau jangan-jangan karena mengalami gangguan jiwa.

Kiranya kebenaran Firman Tuhan yang sejati membukakan mata rohani Saudara mengenai bagaimana sebenarnya hidup dipimpin roh itu, sehingga dapat belajar menjalaninya sesuai dengan kehendak Tuhan.

Dapatkan Majalah TRUTH Edisi 24, “Apa Itu Hidup Dipimpin Roh?” dengan menghubungi:

Rehobot Literature
Gedung Roxy Square Lt. 3, Jl. Kyai Tapa No. 1
Jakarta 11450
Indonesia

Telepon: +62-21-5695 4546 ext. 30, +62-21-68 70 7000, 08 7878 70 7000
Email: info@truth-media.com

Iklan

About Erastus Sabdono

Preacher of truth, speaker in seminars, TV and radio programs, senior pastor of Rehobot Ministry

Posted on 14 Januari 2012, in TRUTH and tagged . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Saya tertarik dengan Ulasan mengenai NGEROH atau ( Apa itu hidup yg dipimpin Roh ) yg angkat oleh Pak Erastus, Banyak juga Para Thelog atau Pembicara Seminar Alkitab yg menghindari Mengupas Topik ini,karena sangat Peka dan langsung Menohok ke Jantung Kehidupan dan Pertumbuhan Gereja gereja atau Ministry yang beraliran Kharismatik,yang diakhir Zaman ini sudah semakin menyimpang dgn Apa kata Alkitab,khususnya di Kisah Para Rasul,…Kiranya beliau dapat menjelaskan Apa yg Alkitab Maksudkan. dan setelah ini,Coba lagi mengulas hal hal yg sgt ngetrend pada saat ini,Minyak Urapan.dan Penumpangan Tangan Glosolali ,Tergeletak setelah ditumpang tangani,…supaya semakin jelas dan Benar yg Alkitab Maksudkan….Terima kasih JBU

  2. Erastus Sabdono

    Terima kasih komentarnya Pak Paul. Memang hal ini kami jelaskan secara cukup lengkap di Majalah TRUTH Edisi 24 ini.

  3. Terimakasih buat pengajaran Firman tuhan yg sungguh Alkitabiah dari Bapak. Kiranya semua gereja terutama para yg mengaku Hamba Tuhan dapat mengajarkan Firman Tuhan yg benar, bukan berdasarkan iman pengalaman yg difatwakan para pengajar sesat, yg laris manis digereja Tuhan abad ini. Tuhan memberkati pelayanan Pdt Erastus sabdono selalu. Bersediakah bapak dapat melayani digereja kami di Surabaya tahun ini? ( salam hormat saya: Pdt. Sucianto Nugroho, hp 0818395024)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: